Cara Mengatur Waktu dan Tanggal di MySQL Secara Otomatis Setelah Input atau Update Data

Cara Mengatur Waktu dan Tanggal di MySQL Secara Otomatis Setelah Input atau Update Data

Biasanya kalau kita membuat suatu aplikasi, ada salah satu fitur yang akan sangat membantu dalam tracking suatu data yang dilakukan proses tambah, ubah, atau hapus datanya. Fitur ini terdiri dari siapa yang membuat (created_by), kapan data itu dibuat (created_at), siapa yang merubah (modified_by), kapan data itu dirubah (modified_at), siapa yang menghapus data (deleted_by), dan kapan data itu dihapus (deleted_at). 

Pembuatan siapa yang melakukan proses crud bisa dilakukan dengan menggunakan session, sedangkan waktu dalam format datetime maka dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara pertama adalah kita koding secara manual di setiap proses insert, update ataupun delete datanya. Cara kedua adalah cara yang lebih mudah dan efisien yaitu kita mengatur langsung dari field yang ada di tabel pada database projectnya.

Pada tulisan kali ini hanya akan fokus pada bagaimana melakukan proses pencatatan waktu dan tanggal dengan cara kedua. Baiklah tanpa panjang lebar lagi silahkan ikuti prosesnya dibawah ini.

Cara

  1. Pastikan teman memiliki database yang memiliki 1 tabel dan buatlah field/kolom baru dengan nama created_at dan modified_at. Contohnya seperti dibawah ini:


  2. Apabila Anda perhatikan pada gambar diatas, maka ada beberapa pengaturan yang perlu diatur terlebih dahulu, yaitu:
    • Atur kolom created_at tidak boleh kosong/allow null nya dinonaktifkan dan set pada default menjadi CURRENT_TIMESTAMP()
    • Atur kolom modified_at boleh kosong/allow null nya aktif dan default menjadi NULL ON UPDATE CURRENT_TIMESTAMP()
  3. Silahkan coba untuk memasukkan data baru, nantinya data yang baru dimasukkan pada bagian created_at dapat langsung terisi secara otomatis, contohnya seperti dibawah ini:


  4. Begitu juga pada saat Anda melakukan proses update data pada kolom tersebut

Apabila ingin melihat caranya dalam format video, maka dapat menontonnya disini:

Semoga bermanfaat


IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bagikan ke Yang Lain


Diskusi

Belum ada pertanyaan pada artikel ini


Tulis Pertanyaan

Ada pertanyaan? Silahkan tulis pada form dibawah ini

Silahkan login dahulu untuk dapat berkomentar, klik disini.

Artikel yang Lain