Cara Menginstall Git di OS Windows 10

Cara Menginstall Git di OS Windows 10

Sebelumnya saya sudah membahas tentang cara menginstall git di os linux, nah pada kali ini gilirannya di os Windows 10.Proses instalasinya kurang lebih sama dengan yang ada di Linux, akan tetapi pada os Windows menjadi sedikit panjang karena harus klik tombol next dan memilih beberapa pilihan tambahan. Kalau mau lebih gampang, fleksibel, dan cepat kuy pindah ke Linux aja :p

Bagaimana Cara Menginstallnya?

1. Silahkan download dulu installernya di https://git-scm.com/download/windows


2. Setelah selesai download, maka silahkan buka aplikasinya sehingga akan memberikan tampilan kurang lebih seperti dibawah ini. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.



3. Pada tahap ini Anda akan diberikan informasi mengenai dimana git akan diinstall, secara default git akan diinstall pada direktori C:\Program Files\Git, apabila ingin mengganti silahkan klik tombol Browse disebelahnya. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.



4. Kemudian Anda akan diberikan pilihan untuk menginstall Components yang disediakan Git. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.



5. Tahapan selanjutnya adalah mengatur lokasi folder Start Menu Git. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.



6. Tahap ke-6 merupakan tahapan untuk mengatur default editor yang digunakan Git. Disini saya menggunakan visual studio code. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.



7. Disini Anda akan diminta untuk mengatur PATH Environtment yang ada di Windows 10, saya memilih pada pilihan yang kedua. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.



8.  Setelah melalui tahapan ke-7, kita akan diminta untuk memilih HTTPS transport pada backend. Disini saya memilih OpenSSL. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.



9.  Tahapan ke-9 adalah tahapan untuk mengatur gaya checkout. Disini saya memilih Windows-style. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.



10. Selanjutnya mengatur terminal emulator untuk menjalankan Git Bash, disini saya menggunakan Windows console windows (cmd). Klik tombol Next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.



11. Kemudian mengatur git pull, disini saya menggunakan secara Default. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.



12. Tahapan berikut ini adalah tahapan tambahan yang bebas Anda pilih atau tidak. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.



13. Selanjutnya mengatur pilihan experimental yang bisa diabaikan saja. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya.



14. Setelah melalui proses pra-instalasi diatas, maka barulah sistem memulai proses instalasi yang sebenarnya.



15. Proses instalasi selesai



16. Apabila ingin mengecek versi Git yang barusan diinstall maka dapat dilakukan dengan cara bukan cmd atau console, kemudian masukkan perintah:
git --version



Apabila tidak muncul, maka silahkan restart dulu komputer Anda.

17. Selanjutnya kita mengatur nama dan email yang ada di komputer kita sama seperti saat menginstall git di os linux





Apabila Anda mencari cara install git di os Linux yang super mudah, maka silahkan akses ke link berikut ini: https://amperakoding.com/article/cara-menginstall-git-di-os-linux

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke sosial media Anda dan semoga bermanfaat.


IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bagikan ke Yang Lain


Diskusi

Belum ada pertanyaan pada artikel ini


Tulis Pertanyaan

Ada pertanyaan? Silahkan tulis pada form dibawah ini

Silahkan login dahulu untuk dapat berkomentar, klik disini.

Artikel yang Lain