Cara Install Brightness Controller di Ubuntu Mate

Cara Install Brightness Controller di Ubuntu Mate

Bagi teman-teman yang menggunakan laptop atau komputer yang tidak memiliki brightness controller (pengatur tingkat kecerahan layar), maka artikel kali ini mungkin cocok untuk dapat diterapkan. Brightness controller sendiri pada laptop bisa diakses lewat keyboard yang ada, namun apabila keyboard Anda rusak maka otomatis tidak bisa mengakses fitur ini. Oleh sebab itu kita perlu menginstallnya, baiklah tanpa panjang lebar lagi langsung saja ikuti tahapan instalasi berikut ini.

  1. Buka terminal Anda dengan menekan tombol Ctrl + Alt + T di keyboard atau cari secara manual di daftar aplikasi yang ada.
  2. Isikan perintah: sudo add-apt-repository ppa:apandada1/brightness-controller, kemudian tekan tombol ENTER di keyboard


  3. Isikan password Anda kemudian tekan tombol ENTER di keyboard


  4. Tekan tombol ENTER kembali di keyboard apabila muncul seperti dibawah ini


  5. Setelah menginstallnya, maka lanjut ke proses update. Isikan perintah: sudo apt-get update


  6. Lanjut lagi dengan mengisikan perintah: sudo apt-get install brightness-controller-simple atau sudo apt-get install brightness-controller


  7. Tekan tombol Y atau langsung ENTER

  8. Proses instalasi


  9. Proses selesai


  10. Coba cari di daftar atau menu aplikasi dengan nama Brightness Controller Simple, apabila berhasil maka akan tampil seperti berikut ini:




    Maksud dari Primary, Secondary, dan Third diatas adalah menandakan jumlah monitor yang sedang Anda pakai. Apabila ingin mengatur tingkat kecerahannya maka tinggal digeser saja pada bar berwarna hijau dengan angka 100.

 
Semoga bermanfaat
 

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bagikan ke Yang Lain


Diskusi

Belum ada pertanyaan pada artikel ini


Tulis Pertanyaan

Ada pertanyaan? Silahkan tulis pada form dibawah ini

Silahkan login dahulu untuk dapat berkomentar, klik disini.

Artikel yang Lain